Rabu, 20 Juni 2012

Makalah Lomba Roscomp


KATA PENGANTAR

            Segala puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat serta karunia -Nya sehingga saya dapat menyelesaikan Karya Ilmiah ini dengan baik. Karya Ilmiah ini saya buat untuk diikutkan kedalam lomba Penulisan Karya Ilmiah yang diadakan oleh Universitas IKIP PGRI Semarang, selain itu saya harap Karya Ilmiah ini dapat menjadi bahan pelajaran dan sumber informasi bagi para pembacanya.
Dalam penyusunan laporan ini saya mendapat bantuan dan dorongan serta bimbingan dari berbagai pihak. Mulai dari orang tua yang mendukung dan menyemangati saya, guru pembimbing yang mengajari saya, sampai teman teman yang mensuport saya. Akhirnya dengan kerja keras dan bantuan mereka, saya dapat menyelesaikan laporan ini.
Saya berharap Karya Ilmiah yang saya susun ini dapat membuat para pembacanya menyadari betapa beruntungnya kita karena memiliki sebuah negara yang amat sangat indah untuk dapat di lestarikan dan betapa sedihnya jika negara kita tercinta ini jiks harus mengalami suatu bencana. Karena itulah kita sebagai generasi penerus bangsa harus menjaga kelestarian alam kita ini. Selain itu saya juga berharap Karya Ilmiah saya ini dapat menumbuhkan rasa peduli dan cinta alam.
           Dalam penyusunan dan penyajian Karya Ilmiah ini saya menyadari banyak kekurangan sehingga Karya Ilmiah ini sangat terbuka untuk disempurnakan. Untuk itu kritik dan saran demi kesempurnaan Karya Ilmiah ini sangat diharapkan. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf apabila terdapat salah salah kata.




                                                                                                                 Penyusun

                                                                                                                                                                                                                                                                                    Ayu Kristianingrum


DAFTAR ISI

Halaman Depan.......................................................................................................  1
Kata Pengantar........................................................................................................  2
Daftar Isi.................................................................................................................... 3
BAB I  Pendahuluan.................................................................................................. 4
a)    Latar Belakang.......................................................................................... 4
b)    Rumusan Masalah.................................................................................... 4
c)    Batasan Masalah...................................................................................... 5
d)    Manfaat Penulisan.................................................................................... 5
BAB II  Isi.................................................................................................................. 6
BAB III  Penutup....................................................................................................
a)      Kesimpulan............................................................................................
b)      Pesan dan Saran....................................................................................





BAB 1
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG

Banjir merupakan suatu kejadian alam yang diakibatkan oleh air dalam kehidupan sehari hari air memang memiliki nilai yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan sehari hari misalnya : memasak, mandi, mencuci dan  untuk memenuhi kebutuhan lainnya sebagai mana mestinya namun akan tetapi jika pemanfaatan air  ini tidak diimbangi atau berlebihan jumlahnya akan berakibat negatif yaitu akan terjadi Banjir oleh karena itu penggunaan air juga harus di optimalkan agar tidak merambah menjadi suatu bencana yang merugikan manusia.Kenyataan ini memang menyulitkan bagi para penggunaan air sebagai mana mestinya.
Indonesia memang kebanyakan dikelilingi oleh lautan untuk dilestarikan, dengan baik agar tidak berdampak negatif bagi penduduk itu sendiri.
Dalam ilmu pengetahuan Indonesia memang secara astronomis memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan penghujan dan Indonesia juga berada tepat pada garis Khatulistiwa yang mungkin secara tiba-tiba akan terjadi perubahan iklim secara mendadak yang tak di duga sebelumnya

B.   RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut;
1.    Bagaimana langkah atau cara yang dapat kita lakukan agar negara ini terhindar dari Banjir ?
2.    Apa dampak-dampak yang mungkin akan timbul jika Banjir tidak segera ditanggulangi secara serius ?





C.   BATASAN MASALAH

Dalam Karya tulisan ini, bahwa bahaya Banjir sangat merugikan bagi banyak golongan misalnya masyarakat, petani maupun orang-orang yang terkena dampak negatif dari bebcana yang di akibatkan oleh air ini.

D.   MANFAAT  PENULISAN
1.    Dapat digunakan sebagai referensi tentang bahaya dan danpak dari Banjir
2.    Mengetahui bahwa ada banyak Faktor yang dapat menyebabkan Banjir
3.    Lebih dapat memahami apa yang menjadi larangan agar tidak terjadi Banjir dan dapat lebih mengerti akan hal apa saja yang harus dilakukan untuk dapat mencegah datangnya Banjir



BAB 2
ISI
Banjir dapat diartikan sebagai suatu peristiwa atau gejala alam yang yang diakibatkan oleh adanya curah hujan yang turun secara berlebihan, hujan biasanya terjadi karena menguapnya air laut yang kemudian berubah menjadi titik-titik air hujan yang turun dari langit.
Ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan Banjir antara lain :
ü  Faktor Alam
ü  Faktor Manusia
ü  Faktor Lingkungan
Dari beberapa Faktor tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :
a)   Faktor Alam
Faktor alam dapat dikategorikan menjadi salah satu penyebab Banjir, dikarenakan bahwa jika alam tidak seimbang dengan ekosistem yang yang ada maka kejadian alam termasuk Banjir pun juga tidak dapat dielokkan lagi.
Misalnya saat sedang adanya musim penghujan yang berkepanjangan itu juga menjadi salah satu faktor terjadinya Banjir.

b)   Faktor Manusia
Faktor manusia juga menjadi bahan pembicaraan dalam faktor akibat terjadinya bencana Banjir
Kejadian yang sering terjadi di alam biasanya adalah Penebangan pohon secara liar dan Kebakaran hutan yang kadang sering terjadi di Indonesia khususnya.
Penebangan pohon secara ilegal (tanpa izin) akhir-akhir ini memang sering terjadi hal ini dapat berakibatkan tandusnya tanah dihutan dan terjadinya kemiringan tanah yang juga disebabkan karena banyaknya pohon yang ditebang seenaknya.
Hal serupa juga terjadi akibat faktor alam yaitu kebakaran hutan yang diakibatkan oleh golongan yang tidak bertanggung jawab kebakaran hutan dan lahan yang kosong tersebut itu dimanfaatkan untuk membuka lahan permukiman ataupun yang lainnya.

c)   Faktor Lingkungan
Faktor Lingkungan juga dapat menjadi salah satu faktor dari dampak terjadinya Banjir, Kenapa ? Karena di dalam pemukiman rumah tangga khususnya masih banyak para warga yang membuang sampah disungai dan itu mengakibatkan tersumbatnya saluran air yang mengalirkan air ke tempat yang semestinya.
Di Indonesia secara umum memiliki 2 musim yaitu Kemarau dan Penghujan Indonesia juga memiliki curah hujan yang sangat tinggi oleh karena itu cuaca di Indonesia pun juga menjadi salah satu faktor alam yang dapat menjadi faktor dari dampak Banjir.
Sudah banyak terjadi bencana Banjir di Indonesia namun akan tetapi masalah ini belum ditanggapi serius oleh pemerintah,  hal ini menyebabkan bencana Banjir ini semakin hari akan semakin meluas merambah ke daerah lainnya.
Contohnya di Indonesia sudah ada masalah tentang Banjir yang belum diselesaikan secara tuntas, yaitu masalah yang berada di pesisir pantai Indonesia yang diakibatkan oleh hilangnya pohon-pohon bakau yang sebelumnya sudah ditanam ditepi pantai yang dimanfaatkan untuk mencegah Abrasi dipantai.
Abrasi adalah salah satu pengikisan tanah akibat masuknya


BAB 3
PENUTUP

b) Pesan dan Saran
Saya berpesan kepada para pembaca, sebaiknya kita harus selalu merawat dan menjaga baik-baik alam kita karena alam ini adalah saksi bisu yang menjadi tempat kita tinggal.
Saran saya sebagai bangsa yang besar kita harus membuat alam di negara kita ini menjadi salah satu alam yang paling istimewa dan terbaik dari alam negara mana pun.


0 komentar:

Posting Komentar